Cari Blog Ini

Bila anda kebingungan mencari LINK Downloadnya, tinggal klik aja "Baca Selengkapnya"...OK sob

Jumat, 18 Januari 2013

Faktor Pemeringkatan On-Page – Bag. 2

Pada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutka
n tentang Tag Meta Description dan Duplicate Content.

Tag Meta Description

Tag Meta Description kecil pengaruhnya terhadap ranking di mesin pencari. Loh… terus kenapa dibahas? Ya, karena meta description ini sangat penting dalam menghasilkan deskripsi halaman pada SERP. Di artikel sebelumnya dijelaskan bahwa tag Title harus ditulis dengan mengacu pada branding value dan mampu menarik minat pengguna mesin pencari untuk meng-klik judul tersebut, meta description juga harus menghasilkan nilai dan daya tarik yang sama.

Penggunaan keyword pada tag ini (dan juga penggunaan tag meta keywords) memang tidak punya impact yang cukup untuk mendongkrak posisi, sehingga bisa dianggap investasi waktu yang dikeluarkan kurang sepadan – tapi kalau anda membangun situs baru, pastikan setiap halaman situs anda memiliki tag title, tag meta description dan tag meta keywords yang unik.
Kalau anda punya kesempatan untuk mengatakan sebanyak mungkin tentang topik situs anda dan menarik sebanyak mungkin pengunjung yang terarah, kenapa tidak? Dan kalau tidak, kenapa juga anda pusing-pusing dengan SEO.
Peran utama tag meta description adalah untuk menghasilkan deskripsi halaman/situs pada hasil pencarian, dan satu alasan ini cukup untuk membuat saya mencantumkannya sebagai poin tersendiri.

Duplicate Content

Tiap mesin pencari punya cara berbeda untuk mengurus duplicate content dan memang sulit untuk melakukan eksperimen tersendiri atau memperhitungkan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Dua hal yang harus diingat:
  • Meskipun mesin pencari melakukan tugasnya dengan baik dalam menyaring duplicate content, beberapa (bahkan banyak) halaman duplikat yang bisa ‘bertahan hidup’, dan memang ada sebabnya. Yaitu karena website atau halaman-halaman tersebut secara umum menyediakan konten unik milik mereka sendiri.
    Kalau anda mengkhawatirkan penalti duplicate content ini, pikirkan apa yang diberikan situs/halaman web anda pada pengguna/pengunjungnya. Kalau anda menawarkan sesuatu yang cukup signifikan untuk membuatnya unik, maka tidak usah khawatir dengan filter ini.
  • Filter duplicate content bersifat negative-only, artinya penalti akan diberikan hanya kalau halaman-halaman situs berisi salinan dari halaman-halaman lain, tapi kalau anda lolos dari filter ini tidak ada pengaruhnya terhadap ranking.
Jadi dapat disimpulkan, ada 5 onpage ranking factor yang harus diperhatikan dalam SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, Struktur URL, Tag Meta Description, dan Duplicate Content
 
Follow Me





SEMOGA BERMANFAAT

Silahkan untuk mampir ke facebook saya klik di bawah ini
 
Purnama Sidik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar